Inspirasi - Cara Mudah Menguasai Facebook Untuk Berjualan Ataupun Beriklan

 



Facebook Adalah Social Network 
Facebook  sebagai  salah  satu  social  network  memiliki fungsi  sebagai  situs  sosial. Tempat  bertemu  dan  berbagai  (sharing).  Pada  dasarnya,  orang  membuka facebook  untuk  mendapatkan  informasi  dari  orang  lain  sekaligus  juga  berbagi kepada orang lain. Facebook adalah situs pertemanan. Saat orang mau berteman dengan Anda artinya mereka sudah menjadi teman Anda, baik sebelumnya sudah menjadi  teman  maupun  baru  bertemu  di  facebook.  Anda  harus  menghargai pertemanan. 
Sebagai  wujud  penghargaan  atas  pertemanan  Anda,  maka  Anda  perlu memperhatikan  etika-etika  dalam  berteman.  Jangan  sampai  kehadiran  Anda menganggu  teman  Anda.  Misalnya,  mungkin  Anda  sering  melihat  banyak  orang yang  melakukan  promosi  di  wall  Anda,  pada  komentar  status  Anda,  mentag dengan gambar produk, dan sebagainya. Sebagian orang akan merasa terganggu oleh aktivitas ini.  
Lalu,  bagaimana  etika  dalam  pemasaran  di  facebook?  Sederhana:  gunakan fasilitas  yang  ada  sesuai  dengan  fungsinya.  Profil  untuk  berteman,  group  untuk berkumpul, dan halaman bisa digunakan untuk bisnis. Bolehkan promosi di profil? Boleh-boleh saja jika bersifat sharing (berbagi) bukan selling (menjual). Menjual, sekali-kali  boleh  saja,  asal  jangan  sampai  teman-teman  Anda  merasa  terganggu oleh aktivitas Anda. 

Apa Yang Bisa Dipasarkan Di Facebook? 
Kadang  ada  yang  bertanya,  “Apa  Yang  Bisa  Dipasarkan  Di  Facebook?”. Jawabannya, apa saja yang bisa dijual, termasuk diri Anda (marketing yourself) ☺. Facebook hanya alat menghubungkan Anda dengan orang lain. Apa pun bis dijual, baik  menjual  produk,  jasa,  maupun  menjual  diri.  Yang  dimaksud  menjual  diri (supaya  tidak  berpikiran  yang  nggak-nggak)  adalah  membranding  diri  Anda menjadi  seorang  expert.  Jika  Anda  sudah  dianggap  expert,  nanti  banyak  orang yang menyewa jasa Anda. 
Apa saja yang bisa dijual melalui facebook? 

  Produk  fisik:  berupa  buku,  pakaian,  aksesoris,  parfum,  makanan,  dan sebagainya.  Pada  dasarnya  semua  produk  bisa  dijual  dengan  catatan  mudah dikirim dalam jarak jauh. 
  Produk  digital:  seperti  ebook,  video,  software,  data,  kursus  online,  sekolah online, audio, dan sebagainya. 
  Jasa: jasa desain web, desain rumah, jasa antar, dan sebagainya. 

Jumlah tidak terbatas, Anda bisa menjual produk apa pun melalui facebook.  
Tapi facebook tidak selamanya menjual atau selling. Menjual adalah hanya bagian dari  pemasaran.  Banyak  pebisnis  yang  menjadi  facebook  sebagai  alat  branding awareness. Mereka tidak menjual produk atau jasa secara tidak langsung melalui facebook.  Dengan  naiknya  kesadaran  akan  brand  atau  merk  produk  kita, sementara distribusi produk kita sudah bagus, maka penjualan akan meningkat. 
Saya  pernah  menonton  kisah  sukses  penjual  bakso  yang  membangun  brand melalui  facebook.  Dia  tidak  mungkin  melayani  pesanan  bakso  langsung  via facebook.  Tetapi  setelah  dia  membangun  brand  di  facebook,  orang  semakin mengenal  kedai  baksonya  dan  pengunjung  pun  semakin  banyak.  Dangangannya laris dengan cara membangun brand di facebook. 
Tidak punya produk atau jasa? 
Gampang…  sekarang  banyak  orang  yang  punya  produk  tetapi  tidak  bisa memasarkan. Kalau pun bisa, mereka tetap akan senang jika produknya lebih laku 
lagi.  Jika  Anda  memiliki  kemampuan  pemasaran,  Anda  tidak  perlu  khawatir dengan  produk  atau  jasa  yang  akan  dijual.  Sangat  banyak  sekali,  tinggal bagaimana Anda bisa bekerja sama dengan pemilik produk. 
Untuk  produk  digital  ada  sistem  afiliasi  dan  reseller.  Afiliasi  artinya  Anda  bisa menjual produk orang lain dengan komisi tertentu. Sedangkan reseller Anda bisa membeli produk dengan lisensinya dan Anda jual kembali. Lisensi yang dimaksud tentu harus lisensi penjualan kembali atau apa yang disebut Resell Right, bukan hanya lisensi hak pakai. 
Bagaimana  dengan  produk  fisik?  Sama  saja.  Afiliasi  juga  bisa.  Misalnya  dengan menjualkan  produk  amazon,  Anda  bisa  menjual  produk  fisik  dengan  komisi tertentu.  Atau  Anda  bisa  membeli  dalam  jumlah  banyak  sehingga  mendapat diskon besar dan menjual secara eceran. Ada juga sistem drop shipping, artinya pemilik  produk  yang  menyiapkan  dan  mengirimkan  produk  dan  Anda  hanya memasarkannya saja. 
Anda  bisa  mencari  para  pemilik  produk  dan  jasa,  kemudian  ajak  negosiasi  agar produknya  bisa  Anda  jualkan  dengan  keuntungan  tertentu.  Coba  lihat  jasa-jasa yang sedang sepi. Tawarkan kepada mereka bahwa Anda bisa memberikan client. Cari toko yang sepi, tawarkan kepada mereka untuk menjual secara online.  
Atau silahkan gunakan google. Coba cari sebuah produk tertentu. Kemudian buka halaman  10  hasil  pencarian.  Biasanya  halaman  ini  jarang  dibuka  orang,  yang artinya  website  yang  terdaftar  disana  sepi  pengunjung.  Tawarkan  kerja  sama. Katakan bahwa Anda punya kemampuan memasarkan di facebook. 
Pertanyaanya,  bagaimana  agar  orang  lain  mau  bekerja  sama  dengan  Anda? Jangan  khawatir.  Jika  Anda  sudah  menguasai  pemasaran,  Anda  akan  mudah mendapatkan  mitra  kerja  sama.  Bahkan,  seperti  yang  saya  alami  selama  ini, karena sudah memililiki halaman facebook dan group yang banyak, tawaran kerja sama malah berdatangan kepada saya tanpa dicari. 
Jadi,  kuncinya  kuasai  pasar,  produk  dan  jasa  akan  berdatangan  dan  uang  akan masuk ke rekening Anda. 

Miliki Teman Yang Banyak 
Langkah  pertama  untuk  mendominasi  facebook  ialah  dengan  memiliki  teman yang  banyak.  Tetapi  perlu  diperhatikan,  bukan  berarti  Anda  akan  berjualan  ke teman-teman Anda. Sebaiknya jangan terlalu sering menawarkan kepada teman karena 

  Bisa dianggap SPAM 
  Akan ditinggalkan oleh teman-teman 
  Nggak enaklah jualan sama teman, meski pun boleh-boleh saja. 

Ada cara yang baik menjual kepada teman. Nanti kita akan bahas. 
Lalu apa manfaat banyak teman? 
Memiliki banyak teman tentu saja akan sangat bermanfaat untuk pemasaran kita. Berikut beberapa manfaat bahkan fungsi vital teman-teman facebook Anda. 
Jaringan.  Teman  Anda  lebih  kepada  posisi  jaringan  daripada  pasar.  Anda bisa  bekerja  sama,  saling  membantu,  saling  berbagi,  dan  sebagainya dengan teman-teman Anda di facebook. 
Mendapatkan  referensi.  Dalam  dunia  pemasaran  atau  sales,  referensi adalah orang yang diajak atau diarahkan oleh seseorang kepada kita. Kabar baiknya ialah dalam facebook hal ini bisa terjadi tanpa disadari dan tanpa diminta. Inilah yang menjadikan facebook memiliki efek viral. Misalnya jika Anda  sharing  sesuatu  yang  menarik,  teman  Anda  bisa  menyukainya  dan berkomentar.  Secara  tidak  langsung  mereka  memberitahu  di  profilnya bahwa mereka menyukai apa yang kita punya. 
Pasar.  Meski  pun  bukan  pasar  utama  dan  jangan  dijadikan  yang  utama, teman-teman  Anda  tetap  bisa  dijadikan  pasar  atau  setidaknya  potensi pasar. Hanya saja untuk menjaga pertemanan ada cara-cara tertentu agar proses menjual Anda terjadi dengan cara baik. Cara menjual kepada teman bisa dilakukan dengan cara-cara: 

o  Soft selling, bukan hard selling. Artinya menjual secara halus. 
o  Bercerita yang menarik minat mereka 
o  Hard selling boleh, sesekali saja. 

Oleh  karena  itu  langkah  pertama  untuk  sukses  di  facebook  ialah  dengan memperbanyak teman. Berikut beberapa tip agar mudah mendapatkan teman. 

1.  Rajin  meng-add,  tetapi  jangan  terlalu  banyak  karena  ada  batasan  dari facebook. Anda bisa kena suspend. 
2.  Rajin berkomentar komentar orang lain yang temannya banyak. 
3.  Kunjungi group-group jaringan Anda, seperti jaringan sekolah mulai SD, SMP, SMA, sampai perhuruan tinggi. Aktiflah! 
4.  Kunjungi group-group asosiasi profesional, alumni seminar, alumni kursus, dan sebagainya. 
5.  Postinglah yang bermanfaat dan menghibur. Jangan memposting sesuatu yang bisa mengganggu orang lain. 
 
Sudah Memiliki Akun Facebook?. Jika belum, Anda bisa mendaftar di  SINI

Membangun dan Memanfaatkan Group 
Dalam  facebook  ada  fasilitas  yang  disebut  dengan  group.  Banyak  pebisnis  yang mencoba menjual produk atau jasanya dengan membuat group. Bisa dan bolehboleh saja, meski bukan hanya itu manfaatnya.  
Group  sebenarnya  lebih  kepada  komunitas  orang-orang  tertentu  yang  memiliki minat yang sama. Oleh karena itu manfaat group facebook: 

1.  Mengumpulkan  orang-orang  yang  tertarik  dengan  teman  tertentu  atau memiliki  kesamaan.  Bisa  kesamaan  profesi,  hobi,  masalah,  dan  sebagainya. Tentu saja ini bisa menjadi pasar yang tertarget. 
2.  Jaringan untuk berbagi info dan kerja sama dengan Anda. 
3.  Alat  viral  marketing.  Saat  sebuah  group  menarik  dan  bermanfaat,  group tersebut akan berkembang dengan sendirinya. 
4.  Group  juga  bisa  digunakan  sebagai  group  master  mind  beserta  mitra  bisnis Anda. Anda bisa membuat sebuah group rahasia yang hanya bisa diakses oleh member  saja.  Hal  ini  sangat  bermanfaat  untuk  mendiskusikan  sesuatu  yang bersifat rahasia. 
5.  Group juga bisa digunakan sebagai alat riset pasar. Anda bisa meneliti diskusi dan  posting  member  sehingga  Anda  mengetahui  masalah  apa  yang  sedang berkembang dan menjadi peluang bagi Anda. 
6.  Group bisa digunakan untuk mendapatkan kontak bisnis Anda. Apakah Anda perlu desainer, perlu suplier, perlu distributor, dan sebagainya. 
 
Jika Anda mengharapkan manfaat no 2 sampai 6, Anda bisa memanfaatkan group yang  sudah  ada  dan  Anda  tinggal  aktif  di  dalamnya.  Ingat  Anda  perlu berkomunikasi  dengan  baik,  jangan  menjadi  pengganggu,  dan  menjadi  warga yang baik. Jika tidak, Anda bisa ditendang dan tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan.  Bertanyalah  dengan  baik,  berikan  bantuan,  dan  jawablah  pertanyaan orang lain dengan baik. 
Untuk manfaat nomor satu, yaitu sebagai pasar tertarget, maka seharusnya Anda membangun group sendiri. 

Membangun Halaman 
Apa  itu  halaman?  Masih  banyak  pebisnis  yang  belum  sadar  dengan  kekuatan halaman.  Awalnya  saya  hanya  membangun  group,  namun  setelah  berdiskusi dengan  teman,  bahwa  halaman  memiliki  kelebihan  tertentu  untuk  bisnis.  Dan memang disediakan oleh facebook untuk tujuan bisnis. 
Salah satu kelebihan halaman ialah terindex oleh search engine. Sehingga dengan membuat  halaman,  kita  pun  sekaligus  melakukan  promosi  di  search  engine. Memiliki halaman dengam Google PR 5 jauh lebih mudah dibandingkan dengan blog atau website. Jadi bagi Anda yang bingung dengan SEO, Anda masuk melalui halaman facebook. 
Kelebihan lain halaman dibandingkan dengan group ialah bisa memasukan FBML (Facebook Markup Language), yaitu bagaimana Anda memasukan kode HTML ke facebook.  Dengan  FBML  Anda  bisa  memasukan  opt-in,  sales  letter,  dan sebagainya. 
Halaman facebook bisa memiliki member tidak terbatas. Bisa sampai puluhan juta member. Bayangkan saat Anda memiliki halaman dengan jumlah member sebesar itu. Itu adalah pasar yang lebih besar dari sebuah kota, bahkan negara. 
Sebagai contoh adalah Starbuck memiliki member 15.000.000 lebih. 

Jumlah  ini  lebih  banyak  dibandingkan  penduduk  provinsi  DKI  dan  5  kali  lipat dibandingkan negara Singapura. 
Kelebihan ketiga dari halaman facebook ialah bisa diintegrasikan dengan aplikasi. Sementara banyak aplikasi yang mendukung untuk pemasaran atau memudahkan pekerjaan. Sebagai contoh adalah Anda bisa mengintegrasikan halaman facebook dengan twitter. 
 
OK, sekarang kita akan bahas tentang manfaat halaman facebook. Mengapa kita harus membuat halaman facebook, tidak cukup dengan profil saja. 

Manfaat #1
Visibilitas lebih besar untuk bisnis Anda. Tidak ada cara lain selain menggunakan  halaman  untuk  mendapatkan  visibilitas  lebih  banyak  dan terhubung  dengan  klien  potensial.  Kemungkinannya  tidak  terbatas,  Anda  bisa terhubung  sampai  ke  puluhan  juta  member  bahkan  sampai  ratusan  juta  sesuai dengan perkembangan. 
Lebih  visibilitas  berarti  apa  yang  Anda  posting  akan  dilihat  oleh  lebih  banyak orang.  Ini  berarti  bahwa  Anda  bisa  mempromosikan  ke  lebih  banyak  orang. Visibilitas juga akan membangun brand atau merk bisnis Anda sehingga dikenal oleh orang lain. Kesadaran akan merk bertambah. 

Manfaat #2  
Terhubung  dengan  orang  dalam  target  pasar  Anda  lebih  banyak. Anda tidak dapat memiliki lebih dari 5.000 teman di Facebook, namun Anda dapat memiliki  jumlah  yang  tidak  terbatas  orang  bergabung  dengan  halaman  Anda, menghubungkan dengan Anda dan belajar lebih banyak tentang bisnis Anda. 

Manfaat #3
Membangun Mailing List Anda. Undang penggemar halaman Anda untuk  bergabung  dengan  mailing  list  Anda!  Berikan  informasi  tentang  cara mendownload hadiah gratis Anda dan bergabung mailing list Anda pada halaman Anda.  Dengan  cara  ini,  ketika  seseorang  bergabung  halaman  fan  Anda,  mereka juga dapat mengetahui lebih lanjut tentang newsletter atau mailing list Anda dan bergabung. 

Manfaat #4:  
Mendatangkan  pengunjung  ke  web  atau  blog  Anda.  Anda  bisa memanfaatkan halaman facebook untuk mendatangkan pengunjung ke blog dan halaman penjualan Anda. 
Sebagai  contoh,  Anda  dapat  memperbarui  halaman  (kirim  link)  posting  blog terbaru.  Sehingga,  anggota  halaman  Anda  dapat  mengunjungi  blog  Anda  dan membaca posting blog Anda. 

Manfaat #5:  
Lebih  banyak  Klien.  Lebih  banyak  penggemar  tentu  saja memperbesar peluang mendapatkan klien lebih banyak.  
 
Kini saatnya Anda pun memiliki halaman facebook. 

Tujuh Rahasia Sukses Facebook Marketing 
Rahasia #1
Fokus 
Ada ratusan situs jejaring sosial yang saat ini beroperasi di internet. Ada facebook, twitter,  plurk,  koprol,  google  buzz,  dan  sebagainya.  Masing-masing  memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. 
Dari  banyaknya  situs  jejaring  sosial,  bisa  menggoda  Anda  untuk  menghabiskan waktu menggunakan terlalu banyak jejaring sosial dalam upaya pemasaran Anda. Sepertinya akan membuka peluang yang banyak, namun pada kenyataanya hal ini bisa menjadikan proses pemasaran kita terganggu. 
Mengapa  bisa  merusak?  Sebab  banyak  orang  yang  mulai  “kecanduan”  dalam menggunakan  jejaring  sosial  sehingga  dia  banyak  menghabiskan  waktu  hanya untuk  mengurus  jejaring  sosial.  Padahal  bisnis  bukan  hanya  pemasaran,  ada banyak  hal  lain  yang  bisa  dilakukan  selain  hanya  mengurusi  jejaring  sosial  saja. Yang kedua, saat kita tidak fokus, maka kita tidak bisa menyajikan sesuatu yang berkualitas. Kekuatan kita terbagi. 
Oleh  karena  itu,  Anda  harus  tetap  fokus  pada  aspek  pemasaran  dalam keterlibatan  sosial  Anda.  Anda  juga  harus  membatasi  aktivitas  jaringan  sosial Anda.  Pilih  1-2  saja  dari  situs  jejaring  sosial  diatas  untuk  mencegah  turunnya kualitas pemasaran Anda. 
Saya  sendiri  tidak  banyak  mengikuti  jejaring  sosial.  Fokus  saya  di  facebook. Meskipun  saya  mengikuti  jejaring  social  yang  lain,  namun  perhatian  saya utamakan  ke  facebook  dan  memberikan  yang  terbaik  di  facebook.  Percuma memiliki akun banyak social network tetapi tidak bisa memberikan yang terbaik. 
Selain fokus pada jejaring sosial tertentu saja (beberapa boleh), aktivitas kita juga harus fokus pada aktivitas marketing. Jangan sampai terjebak oleh aktivitas yang tidak bermanfaat seperti berdebat, main game, dan hanya berchatting ria tanpa membawa manfaat. 

Rahasia #2:  
Kualitas 
Rahasia  kedua  ialah  kualitas  dibandingkan  kuantitas.  Apa  saja  yang  harus diperhatikan masalah kualitasnya? 
Pertama  kiriman  yang  Anda  kirim  baik  di  profil,  halaman,  maupun  group.  Jika Anda  mengirimkan  sesuatu  yang  berkualitas  maka  akan  memberikan  efek  viral. Facebook  adalah  tempat  yang  bagus  untuk  saling  berbagi.  Jika  seseorang menemukan sesuatu yang berkualitas mereka akan berbagi, sengaja atau tidak. 
Saat seseorang memberikan komentar atau setidaknya menyukai kiriman kita, dia sebenarnya sudah berbagi kepada teman-temannya. Teman-temannya akan tahu kalau dia menyukai  kiriman kita, kemudian penasaran untuk  melihat. Dan terus seperti itu sehingga akan terjadi efek viral. 
Facebook juga memiliki fitur berbagi atau share, ini adalah cara berbagi dengan sengaja.  Biasanya  berupa  tautan  atau  catatan  memiliki  fitur  untuk  berbagi. Misalnya Anda menulis catatan (note) di halaman Anda. Jika mereka suka, mereka akan  membagikannya  sehingga  akan  muncul  di  profil  dia.  Jika  halaman  Anda memiliki  1.000  penggemar,  kemudian  semuanya  berbagi  dan  rata-rata  mereka memiliki  1.000  teman,  maka  catatan  Anda  berpotensi  muncul  di  1.000.000 pengguna facebook. 
 
Rahasia #3
Tertarget 
Jika  sebelumnya  kita  sudah  membahas  fokus  pada  beberapa jejaring  sosial  saja dan begitu juga dengan aktivitas kita. Selain itu kita pun perlu fokus pada target pasar  tertentu.  Karena  membuat  halaman  dan  group  itu  gratis,  Anda  bisa membuat  masing-masing  untuk  satu  target.  Target  berbeda  akan  memerlukan perlakuan yang berbeda pula. 
Apa  yang  Anda  kirimkan  dan  cara  mengirimkannya  akan  berbeda  untuk  setiap target. Target remaja tentu akan berbeda dengan target dewasa. Target pebisnis akan  berbeda  dengan  target  pekerja.  Begitu  juga  target  laki-laki  akan  berbeda dengan target perempuan.  

Rahasia #4:  
Jadilah Bagian Dari Komunitas 
Selain  mengurus  komunitas  yang  dibuat  sendiri,  ada  baiknya  ada  mengikuti berbagai komunitas yang ada diaktiflah disana. Selain untuk mendapatkan teman, aktif di komunitas juga bisa berguna untuk mendapatkan kontak bisnis. 
Cara  terbaik  aktif  di  komunitas  ialah  dengan  berkontribusi.  Anda  bisa mengirimkan  sesuatu  yang  berguna  atau  menjawab  berbagai  pertanyaan  yang muncul. Dengan cara itu Anda akan menjadi orang yang dipercaya, mudah akrab, dan  dianggap  ahli.  Ini  akan  sangat  berguna  untuk  bisnis  Anda.  Suatu  saat  Anda memerlukan sesuatu akan lebih mudah. 
Jangan  sekali-kali  melakukan  SPAM.  Saya  melihat  banyak  pebisnis  pemula  yang melakukan SPAM dengan cara bergabung dengan komunitas besar kemudian dia mengirimkan  link  promosi.  Jangan  lakukan  seperti  itu,  sebab  kredibilitas  Anda akan turun dimata orang.  
Luangkan  waktu  setiap  hari  untuk  aktif  di  berbagai  komunitas.  Anda  bisa bertanya, menjawab, atau mengirimkan sesuatu. Memang diperlukan konsistensi dan kesabaran. Namun hasilnya akan membayar. Hasil yang akan dapat akan jauh lebih  besar  dibandingkan  Anda  melakukan  SPAM.  Mungkin  Anda  akan mendapatkan 1 atau 2 penjualan tetapi setelah itu Anda bisa diblok atau dibenci orang.  Namun  jika  Anda  bersikap  seperti  warga  yang  baik,  Anda  akan mendapatkan peluang yang lebih baik. 
Tujuan aktif di komunitas ialah untuk mendapatkan respek dan kepercayaan dari orang  lain  di  komunitas  tersebut.  Hal  ini  bisa  Anda  dapatkan  jika  Anda memberikan  kontribusi  yang  bermanfaat  bagi  komunitas  secara  konsisten  dan terus menerus. 

Rahasia #5:   
Kreatif 
Anda  akan  dituntut  untuk  terus  aktif,  baik  pada  group  maupun  halaman  Anda sendiri  maupun  aktif  di  komunitas.  Suatu  saat  Anda  bisa  kehilangan  ide  “mau melakukan  apa”.  Untuk  itulah  dituntut  kreativitas  tinggi  agar  Anda  tetap  eksis. Agar  halaman  dan  group  Anda  tetap  segar  memberikan  manfaat  bagi  audiens Anda. 
Langkah  awal  sikap  kreatif  dimulai  dengan  bahan  baku.  Bahan  baku  itu  ialah informasi. Jadi jangan malas untuk terus mengupdate informasi agar Anda tidak kehabisan ide. Teruslah membaca buku, membaca ebook, artikel, dan sebagainya sehingga Anda tidak kehabisan ide. 
Saat  Anda  memiliki  sebuah  halaman,  agar  halaman  Anda    terus  aktif  dan berkembang,  Anda  harus  rajin  mengirimkan  status,  catatan,  maupun  link  yang bermanfaat. Dengan cara itu halaman Anda akan terus berkembang secara viral. 
Ikuti juga halaman-halaman orang lain. Anda akan banyak menemukan ide untuk halaman Anda. Bukan berarti menjiplak, tetapi inspirasi yang bisa Anda lakukan untuk halaman Anda. 
Semakin kreatif Anda, akan semakin cepat pertumbuhan halaman Anda. 
 
Rahasia #6:   
Berpikir Seperti Pembaca 
Saat  Anda  akan  mengirimkan  sesuatu  di  halaman  atau  di  group,  pikirakan  apa yang akan dipikirkan oleh pembaca. Kira-kira bagaimana reaksi mereka. Mungkin bakal ada yang marah, tersinggung, mendukung, memunculkan perdebatan, dan sebagainya. Kemungkinan itu harus diantisipasi sejak awal supaya Anda siap. 
Atau jika  sekiranya  akan  membawa  akibat  yang  buruk,  sebaiknya  batalkan  saja. Dari pengalaman, Anda akan mengetahui kiriman-kiriman seperti apa yang disukai atau  tidak.  Kiriman  seperti  apa  yang  memungkinkan  memunculkan  salah pengertian,  termasuk  kiriman  seperti  apa  yang  akan  menjual.  Semuanya  akan ditentukan oleh target pasar Anda dan topik bahasan Anda.  
Jangan  karena  merasa  benar,  Anda  boleh  mengirimkan  sesuatu  dengan  bahasa yang  seenaknya.  Tujuan  baik  dengan  bahasa  yang  tidak  baik  bisa  menimbulkan sesuatu yang tidak baik yang akhirnya akan menjadikan halaman atau group Anda ditinggalkan. 
Salah satu yang perlu dihindari ialah perdebatan tidak berujung. Bagaimana pun kita  merasa  benar,  akan  selalu  ada  orang  yang  membantah,  meski  pun  dengan bantahan  bodoh  atau  bantahan  kosong.  Justru  orang  macam  ini  tidak  akan pernah  berhenti  untuk  berdebat.  Jadi  hindari  kiriman  yang  akan  mengundang perdebatan. Jika terjadi stop sesegera mungkin. 
Kenapa  harus  menghindari  perdebatan?  Perdebatan  tidak  akan  menghasilkan penjualan  tetapi  akan  menguras  energi  dan  waktu  Anda.  Perdebatan  adalah sesuatu  yang  tidak  produktif  di  facebook.  Fokuslah  mengirimkan  sesuatu  yang bermanfaat dan menjual. 
 
Rahasia #7:    
Komunikatif 
Facebook  adalah  media  untuk  komunikasi.  Pemasaran,  promosi,  dan  menjual adalah  komunikasi  juga.  Maka  syarat  sukses  pemasar  di  facebook  adalah  harus komunikatif. Artinya harus mampu berkomunikasi dengan baik. 
Komunikatif  bukan  berarti  segala  ditulis,  bahkan  menuliskan  hal-hal  yang  tidak perlu.  Komunikatif  adalah  mampu  menyampaikan  pesan  sedemikian  hingga penerima  pesan  mampu  menerima  maksud  pesan  tersebut.  Sepertinya  mudah. Tetapi  karena  audien  berasal  dari  berbagai  kalangan,  kesalahan  pengertian mungkin saja terjadi. 
Salah satu keterampilan yang dimiliki oleh orang yang komunikatif ialah mampu “mendengarkan”  audiens.  Dalam  dunia  facebook,  tentu  saja  yang  disebutkan mendengarkan  ialah  dengan  membaca  tulisan-tulisan  audiens,  kemudian dipahami, dan Anda mengirimkan pesan sesuatu dengan bahasa mereka. 
Luangkanlah waktu untuk membaca komentar-komentar audiens Anda. Jika perlu catat jika ada sesuatu yang perlu di catat. 
 
Penutup 
Apa yang ditulis dalam artikel singkat ini adalah sebuah fondasi bagi Anda yang akan terjun di dunia pemasaran facebook. artikel ini memang singkat, tetapi isinya sangat penting sebagai fondasi kuat untuk meraih keberhasilan. 
Banyak orang yang terjun ke facebook untuk memasarkan produk atau jasanya. Tetapi  mereka  hanya  tiru  sini  tiru  sana.  Jika  kebetulan  yang  ditiru  sudah menjalankan  pemasaran  dengan  baik,  maka  dia  beruntung.  Namun  sayangnya, seringkali  yang  ditiru  adalah  sama-sama  pebisnis  pemula  atau  masih  belum memahami bagaimana cara pemasaran di facebook. 

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Abu Nawas - Membalas Perbuatan Raja

Ngakak - Layanan Pijat Plus-Plus

Cerita Abu Nawas - Raja Dijadikan Budak